Minggu, 25 Desember 2011

Tip Membersihkan Kamera DSLR

Apa yang membuat kamera kita kotor? Banyak! Debu ditemukan di mana-mana, di tas gadget kita, dalam ruangan ber-AC studio, diluar,di mana-mana. Seiring dengan debu, ada banyak mikro-organisme mengambang bersama.

Debu / mikro-organisme menetap di bodi kamera, pada lensa, dan juga pada dudukan lensa. Nah, kombinasi dari debu dan mikro-organisme di bagian depan lensa dan terutama pada lensa mount belakang penyebab banyaknya jamur . Jamur adalah sebuah organisme hidup, yang akhirnya memakan lapisan pada lensa. Setelah lapisan lensa rusak, maka kualitas gambar akan menjadi rendah.

Tips membersihkan kamera:

1. Pertama, adalah menjaga bagian dalam tas kamera Anda bersih. Secara teratur bersihkan dengan vakum.       

2. Gunakan blower kecil, untuk meniup debu apapun yang Anda lihat pada permukaan luar kamera Anda.

3. Kemudian gunakan sikat lembut untuk menyeka debu yang tidak tersingkir oleh blower. Bersihkan kuas dan masukkannya ke dalam kantong plastic zip-lock yang bersih (untuk menghindari debu menetap di kuas).

4. Selanjutnya, ambil kapas, bersihkan jendela bidik.

5. Dan jangan lupa untuk membersihkan LCD juga. Gunakan sebuah kain mikro-fiber. Ingat, kain mikro-fiber dapat dicuci.

6. Bersihkan lensa dengan cepat,setelah itu langsung tutup untuk mencegah debu masuk ke dalam tubuh kamera. Gunakan kain mikro-fiber, untuk membersihkan mount belakang lensa. Ini adalah langkah yang paling penting dalam membersihkan kamera. Debu dan mikro-organisme yang berada di bagian belakang mount lensa dapat memulai pertumbuhan jamur, maka daerah ini membutuhkan pembersihan yang baik. Membuang tisu pembersih lensa jika telah digunakan. Kemudian bersihkan permukaan bodi kamera mount dengan kain ber mikro-fiber. Simpan kain mikro-fiber kedalam kantong plastic Zip-Lock untuk digunakan kemudian.

7. Sekarang membersihkan lensa. Berhati-hatilah, tidak boleh ada debu pada permukaan kaca. Taruh setetes atau dua pembersih lensa uid fl pada pembersih lensa jaringan atau mikro-fiber (tidak langsung pada permukaan kaca) dan dengan lembut bersihkan permukaan kaca dari tengah ke arah luar. Jangan menggunakan kembali jaringan pembersih lensa.

Catatan:
Lensa jaringan pembersih khusus diciptakan untuk membersihkan kaca lensa. Jangan gunakan kertas tisu karena dibuat tidak untuk membersihkan kaca lensa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar