Selasa, 29 November 2011

Tips memfoto di acara Festival


Penyebab kolik belum diketahui pasti, tetapi ada sejumlah faktor penyebab potensial.
Salah satunya karena bayi menghirup terlalu banyak udara tanpa bersendawa sehingga menyebabkan perutnya kembung dan terasa sangat sakit.
Faktor lain,usus besar bayi bekerja terlalu keras untuk mengeluarkan kotoran dari tubuh sehingga menyebabkan kram.
n,kolik merupakan keadaan ketika bayi menangis dalam 3 jam sehari atau 3 hari per minggu.Gejala kolik bisa dilihat bila bayi menangis dalam kesakitan, mukanya menjadi kemerahan, perutnya tegang, menarik kakinya, dan mengepalkan tangan.Menenangkan bayi yang sedang kolik tidak mudah karena bayi sedang kesakitan.
Karena itu, ibu dapat meringankan kesakitannya dengan menggendong dan mengayunkan perlahan,menyanyikan lagu yang lembut,maupun mengusap punggung atau perutnya.Namun, apabila keluhan ini terus berlanjut,ada baiknya ibu memeriksakan ke dokter.
Kolik mulai terjadi ketika bayi berumur 2 minggu sampai 3 bulan.Ada juga yang berpendapat kolik bisa terjadi sampai bayi berusia 6 bulan.Tangisan kolik lain dengan tangisan biasa.Bayi yang menangis ketika dalam kondisi ini, biasanya terlihat sangat kesal dan sedih.
Dari kaca mata psikologi, kondisi bayi yang tengah mengalami kolik dikatakan sebagai masa disintegrasi ego, yaitu masa ketika bayi merasa letih karena sepanjang hari mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungan dan dirinya sendiri. Menurut psikolog Anna
Freud yang beraliran psikoanalisis, bayi lantas kehilangan kontrol atas keseimbangan emosionalnya. Hal ini tampak wajar karena seorang bayi pada usia ini tidak tahu bagaimana harus rileks, dan akhirnya bayi menjadi rewel.
Nah, kalau suhu bayi naik menjadi 38° Celsius, ataupun menangis selama dua jam lebih, tidak mau makan, diare, dan muntah, segera hubungi dokter. Anda juga bisa membawa anak ke dokter kalau tidak dapat memastikan apakah bayi sedang kolik atau keluhan penyakit lainnya.
Jangan panik mengatasi bayi kolik, dan jangan sampai pula
Anda kehilangan kesabaran.
Simak tips berikut untuk menenangkan bayi ketika mengalami kolik:
Mandikan bayi dengan air hangat, lalu bungkus dia dengan selimut hangat.
Pijat perut bayi dengan lembut searah jarum jam.
Buat bayi bersendawa. Caranya tepuk-tepuk dengan lembut punggung bayi sehabis makan ataupun minum.
Gerakkan kedua kaki bayi dengan gerakan seperti mengayuh sepeda.
Ayun-ayunkan bayi sambil ibu bersenandung. Gerakan seperti ini dapat menenangkannya.
Atau ajak bayi naik mobil, bisa juga dengan membawanya keliling kompleks menggunakan stroller (kereta bayi).
Berikan air susu ibu (ASI) kepada bayi. Pemberian ASI dapat mengurangi banyaknya udara yang terhirup yang dapat menyebabkan kolik.
Pastikan bayi tidak kelaparan, dan popoknya dalam keadaan bersih. Pokoknya, pastikan tidak ada sesuatu yang membuatnya gelisah.
Anda juga harus bisa memastikan bahwa si kecil tidak dalam kondisi serius yang membutuhkan penanganan dokter atau perawat.
Pelajari apa yang bisa menenangkan bayi dan terapkan kepadanya ketika sedang kolik.
Coba letakkan bayi dilingkungan yang nyaman, seperti kamar dengan lampu redup dan jauh dari keramaian.
Terkadang akan membantu juga jika Anda mengelus-elus punggung, perut, atau kepalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar